Sukacita Perayaan Purnawiyata Sitanala Learning Center Tahun Ajaran 2024/2025




Sejak di buka pada 25 Februari 2023, hari ini perdana telah  berlangsung Purnawiyata Sitanala Learning Center Tahun Ajaran 2024/2025 dan Pelepasan Lulusan Angkatan Pertama Sitanala Learning Center (SLC) dari SD – SMA Kristen Rehoboth, di gedung aula Kampus PGSD. Acara ini berlangsung dengan baik dan lancar, dihadiri oleh tamu undangan dan orangtua siswa, Jumat (14/6).

Anggota MPH Sinode GPM Pendeta Nancy Souisa merupakan pendamping untuk YPPK dan sekaligus pembina YPPK yang turut memainkan peran penting dalam ruang gumul pendidikan kristen lingkup Sinode GPM, hadir serta dan mendampingi setiap proses.

Sukacita perayaan lulusan angkatan pertama SLC, diawali dengan arak-arakan penjemputan para tamu undangan oleh marching band SLC.

Ketua Umum YPPK Dr. J. B. Sitanala yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Sekretaris Umum – Ryan D. De Fretes, membuka acara dengan menyampaikan sambutan. Dengan bangga ia menyampaikan bahwa dalam acara ini, akan dilepaskan 34 lulusan Sitanala Learning Center, 1 anak SD, 13 anak SMP, 20 anak SMA.

“Mereka adalah kebanggaan kami, yang selama setahun ini telah berhasil melewati proses pembelajaran dengan baik,” ungkapnya.

Ia meyakini bahwa sinergitas antar pengurus pusat dengan gereja, pemerintah dan seluruh stakeholder lainnya maka proses menanam dan menyiram dalam takut akan Tuhan tidak akan sia-sia.


Ketua MPH Sinode GPM, Pendeta E. T. Maspaitella, dalam arahannya memberikan empat poin penting, diantaranya; pertama, ia mengajak para guru, siswa/siswi dan komite untuk memandang SLC ini sebagai gereja. Karena SLC menjadi tempat pembentukan sumber daya emas GPM yang kuat secara ilmu, iman dan karakter Kristen. Kedua, kepada Bapak/ibu guru, ia berharap mereka dapat memandang tugas mengajar sebagai tugas misi injil Kristus. Untuk itu para guru harus mengembangkan kualitas, sebab mereka juga yang nanti akan membimbing guru-guru yang lain, di seluruh Maluku dan Maluku Utara. Ketiga, ia berharap, SLC ini menjadi kekuatan inti dalam meletakan dasar pendidikan GPM pada level paling bawah sehingga kelaknya UKIM akan menerima siswa-siswa yang punya kualitas dan dasar kristiani yang lebih kuat.

Sementara itu, Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku-Farid Hatala,S.STP, hadir sekaligus menyampaikan sambutan dari Kepala Dinas. Ia memberikan apresiasi dan selamat kepada para lulusan SLC. Dalam sambutannya ia berpesan bahwa, ia mendorong pilihan anak-anak untuk bersekolah dimanapun, berkuliah dimanapun, tetapi harus tetap kembali untuk membangun Maluku dengan kualitas dan kompetensi yang dimiliki, juga dapat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat.


Selanjutnya, penyampaian refleksi dari salah satu lulusan SMA, Elma Cecilia Pattikawa,  ia berpesan kepada seluruh lulusan SLC untuk dapat menjaga nama baik diri sendiri,  keluarga, terutama nama baik almamater tercinta. Biarlah sebagai lulusan SLC dapat menjadi garam dan terang dunia ditengah kerasnya pergaulan.

Acara dilanjutkan dengan acara pengalungan tanda kelulusan serta akta pelepasan yang ditandai dengan pelepasan jas almamater. Acara ini ditutup dengan penampilan pentas seni dari para siswa SD-SMA.

Hadir pula dalam acara ini, Sekretaris Umum MPH Sinode, Wakil Ketua I MPH Sinode, Wakil Ketua II MPH Sinode, Rektor UKIM, dan Raja Negeri Kariu.